Sejarah Singkat Visi & Misi Struktur Manajemen Penghargaan & Sertifikat Jaringan Distribusi
Gas Spesial Gas Industri Gas Medis & Gas Pembantu Pernapasan Peralatan Gas & Instalasi Aplikasi Produk
Oksigen Nitrogen Argon Asetilen Karbon Dioksida Hidrogen Dry Ice Nitrous Oksida Helium Propane Gas Refrigerant
Peralatan Suplai Gas Medis Sistem Gas On-site Kontrol Gas dan Perlengkapan Pemotongan Jasa Instalasi
Pertanian dan Agro Industri Makanan & Minuman Elektronik & Semi Konduktor Gelas Industri Otomotif, Kapal, dll Industri Pertambangan Eksplorasi Minyak & Gas Pengelasan & Konstruksi Metalurgi Pulp dan Kertas Gas Spesial Kimia & Petrokimia Kesehatan Lain-lain
Investor Inquiry Berita
Pusat Informasi MSDS Kontak
English | Indonesia
Home About Us Product Investor Relation CSR Resource Center Career
Tentang Kami

PT Aneka Gas Industri, adalah perusahaan gas industri yang pertama kali didirikan di Indonesia. Bisnis inti PT Aneka Gas Industri adalah memasok gas industri seperti Oksigen, Nitrogen, dan gas-gas lainnya serta jasa terkait untuk hampir semua industri seperti pengerjaan logam, metalurgi, industri kimia dan petrokimia, industri elektronik dan elektrik, industri kesehatan dan farmasi, industri makanan dan minuman, pengolahan air minum, pengolahan air limbah, agribisnis dan lain sebagainya.

Sejarah Singkat
Growing through time, beyond the heritage.

Periode 1916 - 1945
NV WA Hoek Machine en Zuurstof, sebuah perusahaan Belanda membangun pabrik oksigen di Jakarta pada tahun 1916, diikuti dengan pembangunan pabrik lainnya di Surabaya pada tahun 1920 dan di Bandung pada tahun 1939. Sementara itu perusahaan Belanda lainnya, NV Javasche Koelzoor Fabriek mendirikan pabrik Karbon Dioksida di Surabaya pada tahun 1924. Kedua perusahaan ini adalah cikal bakal PT Aneka Gas Industri.

Periode 1945-1971
Pada tahun 1958 kedua perusahaan tersebut dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia, NV WA Hoek menjadi PN Zatas dan NV Javasche Koolzoer menjadi PN Asam Arang. PN Zatas berkembang pesat dan mendirikan pabrik di Semarang, Makassar dan Medan. Pada tahun 1971 kedua perusahaan tersebut digabung menjadi PT Aneka Gas Industri (Persero) dan berada di bawah Departemen Perindustrian.

Semenjak berubah menjadi BUMN, PT Aneka Gas Industri (Persero) telah banyak mengambil kebijakan operasional, antara lain meningkatkan kapasitas produksi dan memodernisasi pabrik dan sistem distribusinya.

Periode 1996-2003
Pada tahun 1996, sebagian saham pemerintah di PT Aneka Gas Industri (Persero) dijual kepada Messer Griesheim GmbH (40%) dan PT Tira Austenite (10%). Pada tahun 1999 Messer Griesheim GmbH dari Jerman meningkatkan porsi kepemilikannya dengan mengambil alih semua saham pemerintah di PT Aneka Gas Industri (Persero). Dengan pengambil-alihan oleh Messer Griesheim GmbH ini maka status perusahaan berubah menjadi Penanaman Modal Asing (PMA). Komposisi saham setelah pengambil-alihan menjadi Messer 90%, Tira Austenite 10%. Dalam perkembangan selanjutnya, pada bulan Januari 2003 Messer menjual saham PT Aneka Gas Industri kepada Arief Harsono dan Tira Austenite, mengubah komposisi saham menjadi Tira Austenite 51% dan Arief Harsono 49%.

Periode 2004-Sekarang
Pada tahun 2004 Keluarga Harsono membeli seluruh saham PT Tira Austenite di PT Aneka Gas Industri sehingga Keluarga Harsono menguasai 100% saham PT Aneka Gas Industri.

2012-2015
Kinerja Ganda

Dengan visi menjadi perusahaan gas industri terbaik dengan jaringan terluas di Indonesia, PT Aneka Gas Industri senantiasa berupaya untuk memenuhi kebutuhan industri-industri yang membutuhkan pasokan gas industri yang tersebar di seluruh nusantara. Beragamnya pelayanan dan produk yang ditawarkan oleh PT Aneka Gas Industri membuat produk PT Aneka Gas Industri mampu memenuhi kebutuhan berbagai industri mulai dari yang menggunakan teknologi tinggi hingga teknologi sederhana. Di bawah kepemilikan dan manajemen yang baru kinerja PT Aneka Gas Industri mampu meningkat dua kali lipat. Saat ini PT Aneka Gas Industri dimiliki oleh PT Aneka Mega Energi dan Rachmat Harsono.

"MAJU BERSAMA UNTUK INDONESIA"
 
 
 
             
  Berita FAQ Press Release Peta Situs Kontak